Arena Publik Ciko 2 & 3 Sektor 22 Citarum Harum Diresmikan

Bagikan Halaman

BANDUNG , – Dansektor 22 Citarum HarumCitarum Harum Kolonel Inf FX Sri Wellyanto Kasih bersama Walikota Bandung Yana Mulyana resmikan Ruang Publik Cikapundung Kolot (Ciko) 2 dan 3, bertempat di Kelurahan Binong Kecamatan Batununggal, Jumat, (23/12) kemarin.

Demikian disampaikan Kapendam III/Slw Letkol Inf Adhe Hansen saat di konfirmasi melalui seluler Sabtu (24/12/2022).

Lanjut dikatakannya, akselerasi ini muncul dari sejalannya Program Citarum Harum dengan Program Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung melalui proses koordinatif Dansektor 22 dalam mencapai misi Perpres 15 Tahun 2018 yang menjadi landasan Satgas Citarum Harum.

Hosting Unlimited Indonesia

“Untuk menciptakan ruang publik, kita selaku Satgas Citarum Harum selalu mengedepankan privasi hukum, karena Ciko Arena 2 dan 3 merupakan penataan dari penertiban di Kelurahan Binong di sepadan sungai sepanjang 2.430 meter, dimana kita harus berhadapan dengan masyarakat banyak sebagai penghuni,” ujar Dansektor 22 Citarum Harum saat di konfirmasi.

Cipta kerja otentikasi dari Satgas Citarum Harum Sektor 22 pada penertiban bangunan liar sebagai upaya restorasi sempadan sungai bertujuan menciptakan keutuhan sungai dan sarananya, sehingga lebih leluasa dalam perawatan sungai.

 

>> Pengusaha Muda, Dadan Tri Berikan Bantuan Terdampak Gempa Pakenjeng Garut

 

Kendati demikian Dansektor 22 Citarum Harum tetap bekerja sama dengan Pemerintah Daerah sebagai pemilik kawasan melalui pendekatan persuasif dan koordinatif untuk mewujudkan Kolaborasi dalam gerakan Citarum Harum menuju sungai bersih dan sehat.

“Kolaborasi yang kita lakukan merupakan wujud dari pengaktifan kinerja Pentahelix, karena untuk mencapai tujuan program Citarum Harum kita harus bersama dan menghilangkan ego sektoral,” tuturnya.

Sementara itu, Wali Kota Bandung Yana Mulyana mengatakan bahwa dalam menertibkan sebuah lokasi itu sangat sulit, namun jika pergerakan ini dilakukan bersama Satgas Citarum Harum, maka bisa berjalan dengan baik. Walaupun ada beberapa masyarakat yang susah dipindahkan namun pada akhirnya bisa luluh juga.

Dengan penataan kawasan sungai, masyarakat kota Bandung diuntungkan dengan terbentuknya kondisi lingkungan yang lebih baik sebagai hasil kerja kolaboratif Dansektor Citarum Harum.

“Dengan kolaborasi yang terus dilakukan bersama Satgas Citarum Harum Sektor 22, hari ini hadir lagi ruang publik, Ciko Arena 2 dan Ciko Arena 3 yang berada di bantaran Cikapundung kolot,” ujar Yana.

Ini juga merupakan program lanjutan dengan melakukan penertiban untuk mengembalikan kembali sepadan sungai kepada fungsi lindungnya.

“Oleh karena itu, mudah-mudahan lewat komunikasi dengan teman-teman sektor 22 Citarum Harum, kita bisa jaga sungai,” katanya.

Dansektor 22 Citarum Harum berpesan masyarakat bisa lebih menyadari betapa pentingnya kondisi sungai yang utuh, bersih dan sehat, karena ini akan berdampak baik kepada masyarakat itu sendiri. (Pen)


Bagikan Halaman

Tinggalkan Balasan