Mayjen TNI Agus Subiyanto yang Disebut Berpeluang Jadi Pangkostrad Gantikan Jenderal Dudung

Reportasejabarsatu.com , – Hampir dua bulan jabatan Panglima Komando Jabatan Strategis Angkatan Darat (Pangkostrad) kosong pasca ditinggal oleh Jenderal Dudung Abdurachman yang jadi KSAD.

Sejumlah nama pun digadang-gadang akan dipilih untuk menduduki jabatan strategis tersebut, termasuk Mayjen TNI Agus Subiyanto.

Agus Subiyanto sendiri selama ini dikenal telah mengemban sejumlah jabatan yang mentereng.

Sosok Mayjen Agus Subiyanto merupakan lulusan Akademi Militer tahun 1991.
Dikutip dari Tribunnews.com, Sabtu (15/1), Direktur Institut for Security and Strategic Study, Khairul Fahmi menerangkan bahwa Agus berpeluang untuk ditunjuk sebagai Pangkostrad.

Selain Agus, ada sejumlah nama lain seperti Maruli Simanjuntak, Teguh Pujo Rumekso, dan  I Nyoman Cantiasa. Keempatnya saat ini tengah menjabat sebagai Panglima Komando Daerah Militer (Pangdam).

Fahmi menilai bahwa sebagai Pangdam dapat menjadi modal utama apabila nantinya ditunjuk sebagai Pangkostrad. Termasuk Agus Subiyanto yang kini menjabat sebagai Pangdam III/Siliwangi.

Sebelum menjadi Pangdam, pria kelahiran Cimahi, 5 Agustus 1967 ini juga telah mengemban jabatan yang mentereng.
Pada tahun 2009, Agus ditunjuk sebagai Dandim 0735/Surakarta.

>> Ini Langkah Nyata TK Nirwana Cendikia, Tentukan Kualitas Anak di Masa Depan

Kemudian pada tahun 2011, ia menjabat sebagai Waasops Divisi 2 Kostrad.
Agus kemudian mengemban jabatan sebagai Komandan Pasukan Pengamanan Presiden (Danpaspampres) pada 2020.

Ia dimutasi sebagai Pangdam III/Siliwangi menggantikan Mayjen TNI Nugroho Budi Wiyanto pada Agustus 2021. Agus juga sempat menuai sorotan saat membela anak buahnya, Praka Izroi yang dicegat saat penyekatan PPKM Darurat pada Rabu (7/7/2021).

Sementara itu, terkait dengan kekosongan jabatan Pangkostrad selama dua bulan, Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa menegaskan tak ada tarik-menarik calon dalam proses penunjukkan.

Andika menambahkan, pengisian jabatan Pangkostrad hanya tinggal menunggu waktu seiring akan digelarnya proses Dewan Kepangkatan dan Jabatan Tinggi (Wanjakti).

Rencananya, proses Wanjakti akan digelar pada pekan depan. Dilansir dari TRIBUN-VIDEO.COM

(red)

Bagikan Berita Ini
Array

Berita Terkait