Simulasi Posko Nurani Astra “Berbagi untuk Negeri”

KABUPATEN BANDUNG , – Rangka uji kesiapsiagaan sumber daya Astra dalam rangka penanganan dari bencana.

Corporate Securty Astra Internasional yang bekerjasama dengan Basarnas Jawa Barat, BPBD Kabupaten Bandung, menyelenggarakan rangkaian kegiatan Gladi Simulasi Posko Nurani Astra, Sabtu 17/9/2022.

Kegiatan di laksanakan di Desa Dayeuh Kolot Jln Mochammad Rahmat Djajadinata No.62 Kab.Bandung oleh Corporate Security Astra, Basarnas Jawa Barat dan di hadiri oleh Perwakilan Pemerintahan Kabupaten Bandung, Dandim 0624 Letkol Arh Dhama Noviang Jaya, Danramil Dayeuhkolot, Kapolsek Dayeuhkolot Kolot, Kades Dayeuhkolot,Bapak Muslich sebagai Head of Security dan jajaran PT. Astra International Gruop Bandung, masyarakat serta perwakilan ormas FKPPI yg turut mendukung kegiatan tersebut.

Awak Media terjun langsung kelapangan dan mewawancarai Bapak Samuel Niko selaku juru bicara dari Perwakilan Corporate Security PT. Astra International tbk. Menanyakan maksud dan tujuan di acara ini, apakah dikarenakan seringnya terjadi bencana banjir di desa Dayeh Kolot, dijelaskan bahwa Nurani Astra sangat tertarik untuk mengadakan acara yang bermanfaat bagi bangsa dan negara, berupaya berperan aktif menjadi inisiator/mempelopori secara maksimal, bagaimana memaknai kegiatan tanggap darurat bencana ini untuk membangun sinergitas, komunikasi dan kerjasama dalam penanganan dampak bencana, karena bencana tidak hanya di rasakan oleh masyarakat saja, akan tetapi sangat berdampak bagi Perusahaan dan pihak swasta lainnya.

PT. Astra International tbk. berharap bahwa kegiatan ini dapat menjadi evaluasi tingkat tanggap dan siaga menghadapi bencana agar dapat meminimalkan dampak yang terjadi akibat bencana.

Kegiatan ini merupakan pengaplikasian Catur Dharma PT Astra Internasional Tbk. untuk menjadi perusahaan yang bermanfaat bagi bangsa dan negara. untuk memaksimalkan manfaat dan berperan serta dalam membantu masyarakat, tidak hanya dari segi materi tetapi juga edukasi, karena bencana tidak dapat di hindari akan tetapi dampaknya dapat di minimalisir, jika masyarakat mendapat pengetahuan yang cukup dalam menghadapi bencana.

Apakah kegiatan ini hanya sampai disini, PT. Astra International tbk. sangat berharap bahwa acara seperti ini kedepannya dapat dilaksanakan lagi, karena edukasi dan simulasi harus di berikan secara berkesinambungan agar masyarakat tidak kaget dan panik dalam menghadapi bencana sesungguhnya. Dan yang paling penting adalah kesiapsiagaan aparat pemerintah dan ormas dalam membantu penanganan bencana dan paska bencana karena kesiapsiagaan aparat pemerintahan dan ormas yang dapat meringankan dan membantu meminimalisir kepanikan masyarakat.

Di akhir kata PT. Astra International tbk. Sangat berharap dapat mewadahi dan membantu secara optimal jika terjadi bencana yang sesungguhnya, akan tetapi yang terpenting adalah terbangunnya sinergitas dan komunikasi antara masyarakat, Ormas, Aparat Pemerintah, terutama kesigapan Aparat Pemerintah daerah dalam tanggap darurat bencana, sehingga dapat meminimalisir dampak akibat terjadinya bencana.

Pemantauan kami PT. Astra International tbk. dapat memaknai CSR yang merupakan program wajib pemerintah untuk perusahaan guna membantu masyarakat, mereka juga menambahkan edukasi yang positif karena masyarakat yang diedukasi jauh lebih sejahtera daripada masyarakat yang hanya menerima penyaluran dana CSR semata.

(Uje/Benson)

Bagikan Berita Ini
Array

Berita Terkait