Kodam III/Siliwangi Gencarkan Mitigasi Bencana

Bagikan Berita Ini

TASIKMALAYA , – Dalam rangka pemberdayaan masyarakat di Jabar dan Banten, Kodam III/Siliwangi terus melaksanakan sosialisasi mitigasi bencana. Seperti yang dilakukan di wilayah Tasikmalaya, Kodim 0612/Tasikmalaya menggelar sosialisasi mitigasi bencana dengan mengusung tema “Mitigasi Bencana Penanggulangan Bencana Daerah Tasikmalaya Tahun 2023” di Aula Kodim 0612/Tsm Jl. Otista No. 09 Kel. Empang Sari Kec. Tawang Kota Tasikmalaya, Rabu (24/05/2023).

Sosialisasi diikuti oleh anggota Kodim 0612/Tsm, masyarakat di daerah rawan bencana, Mahasiswa, Pelajar, serta Unit penanggulangan bencana yang berada di wilayah Tasikmalaya.

Kegiatan dibuka oleh Asops Kasdam III/Slw yang diwakili oleh Pabandya Renops Kodam III/Slw Mayor Inf Ardha Cairova dengan memaparkan tentang peran TNI dalam penanganan bencana.

Asops dalam sambutannya menjelaskan bahwa tujuan utama dari mitigasi bencana adalah mengurangi kerugian akibat dampak bencana dengan meningkatkan kapasitas masyarakat dan mengurangi paparan serta meningkatkan ketahanan masyarakat melalui kesiapsiagaan, tanggap darurat dan pemulihan.

Tataran kewenangan TNI diantaranya memberikan bantuan kepada Pemerintah Daerah dalam proses mitigasi wilayah rawan bencana serta memberikan perintah operasi tugas pasukan reaksi cepat penanggulangan bencana tingkat Kodim.

Sementara itu, Mayor Inf Ardha Cairova dalam pemaparannya menguraikan tentang potensi di masyarakat untuk memperkuat sumber daya daerah perlu disiapkan termasuk sarana dan prasarana guna mendukung pelaksanaan penanggulangan bencana alam.

Dandim 0612/Tasikmalaya Letkol Inf Raden Henra Sukmadjidibrata, S.I.P., mengatakan kegiatan sosialisasi mitigasi bencana merupakan program Kodim dalam membantu pemerintah daerah untuk meminimalisir akibat dari bencana alam.

“Saya berharap dengan diselenggarakannya sosialisasi mitigasi bencana dapat meminimalisir resiko bencana, meningkatkan kesadaran masyarakat tentang resiko bencana dan meningkatkan pengetahuan masyarakat dalam menghadapi bencana,” ucap Dandim.

Pada kesempatan yang sama, Kepala BPBD Kota Tasikmalaya, H. Ucu Anwar sangat apresiasi dengan kegiatan tersebut dan berharap seluruh peserta bisa memahami dengan baik ilmu yang diperoleh sehingga bermanfaat untuk di aplikasikan dalam pelaksanaan penanggulangan bencana di daerah. (Pen)


Bagikan Berita Ini
Array

Berita Terkait