AIESEC Berikan Kesempatan Magang ke Luar Negeri

Bagikan Berita Ini

PALEMBANG , – Semua pelajar yang berada di kelas 12 tahun 2020 ini sudah mulai mempersiapkan diri untuk menghadapi ujian masuk universitas. Kebanyakkan dari mereka akan melanjutkan pendidikan ke jenjang universitas namun sebagai mahasiswa baru akan ada rasa bingung yang muncul ketika mereka dihadapkan pada pilihan untuk memilih organisasi mana yang cocok bagi mereka di universitas tempat mereka belajar. Sekarang lah waktu yang tepat untuk dapat berkenalan dengan AIESEC.

Public Relations AIESEC in UNSRI, Lulu Salsabila mengatakan, secara sederhana AIESEC adalah organisasi kepemudaan non-profit yang didirikan tahun 1948 setelah perang dunia kedua dan berada di 127 negara termasuk Indonesia.

“Fokus utama organisasi ini adalah mengasah jiwa kepemimpinan anak muda di dunia dengan cara melakukan berbagai pengalaman aktivitas sukarelawan. Bahkan AIESEC memberikan kesempatan untuk melakukan magang ke luar negeri,” ujarnya saat dihubungi via Whats Apps, Kamis (3/9/2020)

Dia menjelaskan, di Indonesia sendiri, khusus nya daerah Sumatera Selatan, Local Committee AIESEC nyadisebut dengan AIESEC in UNSRI. Keanggotaan AIESEC in UNSRI sendiri terdiri dari mahasiswa Universitas Sriwijaya dan Politeknik Negeri Sriwijaya saja.

“Di setiap semester, AIESEC in UNSRI akan mengadakan proyek sosial yang dibuat berdasarkan poin-poin SDGs oleh PBB. Proyek sosial ini diikuti oleh puluhan mahasiswa asing dari berbagai negara dan juga mahasiswa lokal Palembang dari berbagai Universitas. Tujuan diadakannya proyek sosial ini sendiri adalah untuk mengembangkan leadership anggota dan juga turut berpartisipasi dalam pembangunan Kota Palembang,” bebernya.

Salah satu proyek sosialnya, lanjut Lulu,Global Volunteer atau yang biasa disebut GV ini adalah program yang bertujuan untuk menjadi wadah anak muda merasakan bagaimana rasanya mengikuti kegiatan sukarelawan di luar negeri, menemui orang orang yang memiliki latar belakang berbeda.

“Selain itu kita mencoba hal baru dengan menjalankan proyek sosial seperti dalam bidang pendidikan yang mana kita bisa
mendapatkan kesempatan untuk mengajar anak – anak di negara tersebut, membahas masalah sanitasi air dan kebersihan lingkungan, dan lain sebagainya,” terangnya.

Bukan itu saja, kata Lulu, selama mengikuti program Global Volunteer yang berjangka waktu 6 bulan ini, kita bisa mendapatkan berbagai pengalaman, kenangan dan teman teman baru yang memiliki pemikiran sedikit berbeda dengan kita sehingga membuat kita menjadi lebih open minded dalam melihat berbagai permasalahan.

Lulu mengungkapkan, swlain itu, ada juga Kegiatan Global Village di Avenue of Stars (AOS) yang melibatkan para pemuda dari berbagai negaraParade kebudayaan yang berguna meningkatkan kesadaran dan sikap saling menghargai antar masyarakat tentang perbedaan budaya, ras, etnis, agama, makanan dari berbagai negara. “Parade ini juga berfungsi untukmenghilangkan isu dan konflik yang sering kali terjadi,” pungkasnya.

Untuk informasi lebih lanjut mengenai AIESEC in UNSRI silahkan hubungi bagian Public Relations AIESEC in UNSRI, Lulu Salsabila, di nomor 085381181058, atau melalui e-mail lulu.salsabila@aiesec.net. (Yanti)


Bagikan Berita Ini

Berita Terkait