Pangdam III/Slw: Saat Ini Masyarakat Membutuhkan Solutif, Nilai Simbiosis Mutualisme dan Berkelanjutan

Bagikan Berita Ini

BANDUNG , – Pangdam III/Slw Mayjen TNI Kunto Arief Wibowo didampingi Walikota Bandung dan Bupati Kabupaten Bandung meresmikan Pondok Citarum Harum’ 92 dan Lahan Ketahanan Pangan Sektor 22 di Jl. Cisitu No.64, Desa Cimekar Kecamatan Cileunyi, Kabupaten Bandung, Rabu (15/6/2022).

Hal tersebut dibenarkan Kapendam III/Slw Kolonel Inf Arie Tri Hedhianto di sela-sela mendampingi Pangdam III/Slw meresmikan Pondok Citarum Harum’ 92 dan Lahan Ketahanan Pangan Cileunyi Kabupaten Bandung Jabar.

Lanjutnya, peresmian Pondok Citarum Harum’92 ditandai dengan penandatanganan prasasti oleh Pangdam III/Slw, Walikota Bandung dan Bupati Kabupaten Bandung, juga dilaksanakan penanaman pohon di sekitar lokasi Pondok Citarum Harum’92.

Lokasi Ketahanan Pangan diinisiasi oleh Dansektor 22 Satgas Citarum Harum Kolonel Inf Eppy Gustiawan S.I.P., dan untuk menambah kenyamanan di lokasi Ketahanan Pangan dibangun Pondok Citarum ’92 yang dapat dimanfaatkan oleh warga masyarakat sembari menikmati keindahan alam sekitar.

Dalam kesempatan itu Pangdam III/Slw menyampaikan bahwa, Tahun 2025 mendatang Satgas Citarum Harum akan diserah terimakan. Oleh karenanya harus diawali dari sekarang melakukan persiapan untuk mendidik Pemerintahan Daerah agar menjadi siap, sehingga dalam mencapai visi misinya Citarum Harum dari mulai pengolahan, pelajaran pendalaman, pengelolaan, edukasi sampai dengan pengawasan harus sudah mulai memilah tugas masing-masing.

Kodam III/Slw dalam hal ini hanya melakukan fungsi pengawasan yang mungkin suatu saat nanti adalah bagian dari pada wilayah Citarum ini. Jadi tidak semua diambil alih Kodam, kalau pemerintah daerah sudah menyelenggarakan. Kemudian melakukan pendekatan-pendekatan sosial seperti tempat wahana yang dibuat ini.

>> Pemprov-Polda Sumsel Teken  MoU Sinergi Tertibkan Truk ODOL

“Saat ini masyarakat kita membutuhkan solutif, membutuhkan yang mempunyai nilai simbiosis mutualisme dan membutuhkan yang berkelanjutan. Untuk mewujudkan itu di tengah kebijakan sistem tata negara, pemerintahan, pengaruh global, Maka kita harus berani mengusulkan regulasi, revisi-revisi undang-undang, juga kewenangan daerah” jelas Pangdam.

Di kesempatan yang sama, Walikota Bandung dalam sambutannya, mengucapkan terima kasih sebesar – besarnya karena adanya Satgas Citarum Harum sangat membantu dalam penataan bantaran sungai di Kota Bandung.

Seiring dengan Walikota Bandung, Ketua Sekretariat Satgas Citarum Harum dalam sambutannya mengucapkan, terima kasih atas kolaborasi antara TNI dengan masyarakat sehingga bisa dikatakan Satgas Citarum Harum ini sangat berhasil

Hadir pada acara tersebut, Kapok Sahli Pangdam III/Slw, para Asisten Kasdam III/Slw, Dan sektor 22, Dan sektor 7, Dandim 0624/ Kabupaten Bandung, Walikota Bandung, Bupati Kabupaten Bandung, Kepala DLH Provinsi Jawa Barat, Kepala BBWS Citarum, Kepala DLH Kota Bandung, serta pejabat lainnya. (Reda)


Bagikan Berita Ini
Array

Berita Terkait