Puskesmas Lumbung Peringati Hari Peduli Sampah Nasional

Bagikan Berita Ini

Puskesmas Lumbung
Puskesmas Lumbung memperingati hari Peduli Sampah Nasional dengan melaksanakan gerakan pungut sampah di lingkungan Puskesmas Lumbung Kab. Ciamis Rabu 21/02

 

LUMBUNG CIAMIS, – Dalam Rangka Memperingati Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) Tahun 2024, Puskesmas Lumbung melaksanakan Kegiatan “Gerakan Ambil dan Pilah Sampah”. Bertempat di lingkungan Puskesmas Lumbung, Rabu (21/02/2024).

 

Hal itu Sesuai Surat dari Dinas Kesehatan Kabupaten Ciamis No. 600.1.173/392/Donkes.1 Perihal HIMBAUAN NPSN 2024, Tertuju kepada semua Puskesmas se-Kabupaten Ciamis. Kegiatan  tersebut mengambil tema “Atasi Sampah Plastik dengan Cara Produktif” . 

 

Sesuai Himbauan tersebut di atas, maka semua Karyawan bahu membahu melaksanakan “Gerakan Ambil dan Pilah Sampah”. Adapun area yang menjadi objek kegiatan yaitu di sekitar Lingkungan Puskesmas lumbung, Kab. Ciamis. 

 

Dalam pelaksanaannya, Kami mengambil Sampah dan memilahnya, serta menyimpan dalam wadah yang berbeda antara Sampah Plastik dan Sampah Organik. Mengingat bahwa Plastik merupakan Benda yang tidak bisa terurai dalam dalam tanah. Maka yang termasuk Sampah Plastik, dipilah dan disiapkan untuk diambil oleh petugas Bank Sampah sehingga bisa di olah kembali menjadi barang atau alat rumah tangga pabrikan. ” Ujar Kepala UPTD Puskesmas Lumbung dr. Acep(red) melalui keterangan tertulisnya kepada media. 

 

Selain dari itu, sampah Plastik yang berupa wadah yang bisa menampung air, sangat perlu di amankan agar tidak menjadi Tempat air tergenang yang disenangi oleh Nyamuk Aedes Aegypti untuk berkembang biak, ” ucapnya.

 

Selama musim penghujan lanjutnya sangat di anjurkan untuk lebih waspada mencegah berkembang biaknya Nyamuk Aedes aegypti di sekitar lingkungan Rumah atau perkantoran,” imbuhnya.

 

Sedangkan untuk sampah organik, bisa di jadikan bahan Pupuk kompos. Di antaranya, untuk dipakai memupuk tanaman yang disekitar lingkungan. 

 

Lingkungan Bersih maka akan Tercipta Lingkungan Sehat, dan akan menjadikan Manusia nya juga Sehat, ” pungkasnya. (Acp/red)

Ikuti perkembangan berita terbaru Reportase Jabar Satu di Google News 


Bagikan Berita Ini
Array

Berita Terkait